Kerajinan Unik dari Kulit Telur

Kerajinan Unik dari Kulit Telur

Kerajinan Unik dari Kulit Telur | Aneka kerajinan kulit telur dengan berbagai bentuk dapat dibuat dengan sangat indah dan artistik. Kulit Telur dapat dijadikan bahan penghias furnitur dan aksesoris penghias rumah yang unik dan menghasilkan kerajinan yang berharga puluhan juta rupiah. Kulit telur yang dicat atau diukir menjadi hiasan, tidak kalah menarik dengan material lainnya. Beberapa kulit telur hewan yang dapat dijadikan Kerajinan Kulit Telur antara lain dari telur ayam, telur bebek, telur burung puyuh, hingga yang terbesar telur burung onta.

Kerajinan Unik dari Kulit Telur

Kerajinan Unik dari Kulit Telur

Cara Membuat kerajinan dari kulit telur

Proses Membuat Kerajinan dari Kulit Telur, kerajinan Kulit Telur hias ini umumnya pesanan perusahaan untuk dijadikan cinderamata. Selain itu juga dijual ke pembeli di manca negara. Harga teluar hias ini bervariasi. Mulai dari 25 ribu rupiah untuk telur hias sederhana, hingga jutaan rupiah untuk telur hias pesanan khusus.
  • Mula – mula bagian bawah cangkang telur dilubangi dengan paku. Kuning telur lalu dipecahkan dengan menggunakan kawat. Selanjutnya keluarkan isi telur. Proses mengeluarkan isi telur dari kulit telur dilakukan dengan menyuntikkan udara ke dalam cangkang telur.
  • Setelah isi telur keluar semua, proses selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam cangkang telur. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan air yang dicampur cuka. Campuran air dan cuka disuntikkan ke dalam cangkang telur, dan kemudian dikeluarkan kembali.
  • Setelah isinya dibersihkan, cangkang telur dikeringkan selama dua hari. Kini memasuki proses menghias cangkang telur. Cangkang telur bisa dihias dengan diberi warna apa saja. Prosesnya diawali dengan membuat sketsa di kulit telur. Lalu sketsa diberi lem. Setelah itu ditempeli hiasan.
  • Karena cangkang telur mudah pecah, maka proses Membuat kerajinan dari kulit telur harus hati – hati. Telur hias yang telah jadi diletakkan di ruang pamer atau dipasarkan . Hasil Kerajinan Kulit Telur bisa bervariasi mulai dari telur ukuran kecil, hingga telur ukuran besar.

Sumber :
teknik-mhcom.blogspot.com

+1 Jika anda menyukai Artikel ini

0 comments

Post a Comment

 
 
Copyright © 2015 Sanggar Budaya | Design By Luhur Muhamad Fatah